Dinas Pertanian Tinjau Tanaman Vanili di Kabupaten Tanggamus

Dinas Pertanian Tinjau Tanaman Vanili di Kabupaten Tanggamus

Vanili atau vanilla merupakan salah satu jenis tanaman penghasil bubuk vanili yang memiliki aroma harum dan manis, tanaman vanili memiliki nama latin Vanilia planifola dengan bentuk buah penghasil bubuk berbentuk menyerupai kacang polong dengan kandungan gizi yang tergolong tinggi, diantaranya adalah serat, mineral, vitamin A, B, E.

Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu melakukan peninjauan ke kebun vanili milik Pak Suher yang berada di Dusun Parakan Desa Pematang Leba Kecamatan Bulok, Kabupaten Tanggamus guna mempelajari budidaya vanili di darah tersebut sehingga bisa di terapkan di Kabupaten Pringsewu.(29/5)

Dipimpin Plt. Kepala Dinas Pertanian M. Marianto. S.Pt, Kabid Perkebunan Judi Muljana, dan Kasi Produksi Perkubunan M. Yunus. SP, mendengarkan penjelasan  Pak Suher yang sudah berpengalaman menanam vanili sejak tahun 2018 tentang tata cara Polinasi atau cara mengawinkan bunga vanili , perawatan vanili dengan metode konvensional atau alam terbuka.

Diketahui bahwa harga jual vanili basah mencapai 150.000 /kg sedangkan harga vanili kering mencapai 1 juta /kg sampai dengan 2 juta /kg.

Selain meninjau lokasi kebun vanili di Kabupaten Tanggamus, rombongan juga meninjau kebun Vanili di Pekon Jati Agung Kecamatan Ambarawa dengan metode tanam Grean House milik pak wondo, sebagai perbandingan, kalau di Tanggamus menggunakan metode  konvensional atau alam terbuka sedangkan di Ambarawa dengan metode trikoderma, yaitu pengendalian jamur pada tanaman vanili.

Sumber : Dinas Pertanian  Kabupaten Pringsewu


Hubungi Kami

Telp / SMS / WA

0821 1268 1717

Facebook Page

Rapemda Pringsewu FM

YouTube Channel

LPPL Radio Pringsewu FM