Fauzi Ajak Operator Manfaatkan Medsos Untuk Promosikan Potensi Daerah

Fauzi Ajak Operator Manfaatkan Medsos Untuk Promosikan Potensi Daerah

PRINGSEWU - Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA mengajak operator website dan media sosial untuk memanfaatkan website dan media sosial guna mempromosikan segenap potensi daerah.

Ajakan tersebut disampaikan saat membuka sosialisasi dan optimalisasi penggunaan media daring dalam kegiatan pemerintahan dan peningkatan perekonomian daerah di Rumah Dinas Wakil Bupati Pringsewu, Rabu (6/5/20).

Dikatakan, pemanfaatan media online baik website dan media sosial, terutama untuk kegiatan pemerintahan, juga merupakan wujud pertanggungjawaban. "Ekspos kegiatan pemerintahan melalui media sosial ini  juga merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban kita kepada masyarakat, bahwa kita betul-betul bekerja", katanya.

Fauzi juga mengatakan bahwa operator website dan media sosial merupakan orang yang paling sibuk di lingkungan pemerintah daerah, dan tidak semua kabupaten dan kota mempunyai operator ini secara khusus. Oleh karena itu, ia menginginkan operator website dan media sosial ini aktif, bahkan hingga ke tingkat pekon.

"Alangkah gagahnya jika informasi dari setiap pekon dapat terekspos", ujar Fauzi, didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Johndrawadi, SE, MM, Kadis Koperindag Drs.Masykur Hasan, MM, Plt Kadispora dan Pariwisata Suchairi Sibarani, S.Pd., MIP, Plt Kadis Pertanian Maryanto, SP, Sekdis Perikanan I Made S., Sekdis Kominfo Jahron, S.Pd., serta Kabag Perekonomian dan Sumberdaya Alam Ediyanto, SKM, pada kegiatan yang diikuti sebanyak 50 operator website dan media sosial dari organisasi perangkat daerah, kecamatan dan kelurahan se Kabupaten Pringsewu.

Wabup Pringsewu juga menyemangati para operator untuk tetap bersemangat, meskipun ada kritikan . "Kalau kita berbuat, pasti selalu ada kritikan. Lebih baik salah tapi berbuat, daripada tidak pernah salah karena memang tidak pernah berbuat. Kita terima kritikan demi kemajuan", tandasnya.

Pada kesempatan, para operator juga bersepakat untuk membuat grup media sosial dalam rangka mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Pringsewu, diantaranya bidang perekonomian, pertanian, perikanan, dan lainnya. Grup Facebook yang diberi nama Forbis Pringsewu (Informasi Bisnis Masyarakat Pringsewu) ini dikelola oleh Bagian Perekonomian dan Sumberdaya Alam Setdakab Pringsewu yang disupport oleh seluruh OPD, kecamatan dan kelurahan se Kabupaten Pringsewu.

Terkait pembentukan Grup Forbis Pringsewu, salah satu praktisi media sosial yang menjadi narasumber, Dwi Oktarini,  menyatakan siap membantu dan bekerjasama sesuai kapasitasnya. Admin Grup Wisata Kuliner Pringsewu (WKP) ini mengatakan, dari 51 ribu anggotanya sekarang ini sudah banyak yang berkembang di bidang kuliner.

Dwi yang juga salah satu pengelola Wisata Nggruput ini memberikan tips bagaimana membentuk tim yang solid dalam mengelola grup media sosial. Diantaranya adalah menyatukan visi dan misi, harus memahami peran dan tanggung jawab masing-masing, harus ada komunikasi yang intens, saling menghargai perbedaan, evaluasi dan fokus untuk tidak mencari kesalahan, tetapi mencari solusi, serta selalu upgrade pengetahuan.

Sementara, praktisi media sosial lainnya, Suchairi Sibarani, S.Pd., MIP, yang mengelola grup beranggotakan 320 ribu anggota, Pringsewu Community, menambahkan, dalam mengelola sebuah grup media sosial, target haruslah jelas sesuai spesifikasinya. "Tidak besar tetapi tersasar", ujar Sibarani yang juga Plt Kadispora dan Pariwisata Kabupaten Pringsewu.

Plt Kadis Pertanian Kabupaten Pringsewu Maryanto berharap grup Forbis Pringsewu yang baru terbentuk dapat mempromosikan petani-petani Pringsewu. "Lahan pertanian ada 13.000 hektare dari 625.000 hektar luas wilayah Kabupaten Pringsewu", ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Pringsewu Jahron, S.Pd. mengungkapkan saat ini sudah ada 55 pekon di Kabupaten Pringsewu yang sudah terkoneksi dengan Diskominfo. "Target kita akhir tahun ini 70-80% dari seluruh pekon di Kabupaten Pringsewu bisa terkoneksi jaringan internet dan intranet", katanya.


Hubungi Kami

Telp / SMS / WA

0821 1268 1717

Facebook Page

Rapemda Pringsewu FM

YouTube Channel

LPPL Radio Pringsewu FM