LEWAT PAGELARAN WAYANG KULIT, WABUP PRINGSEWU AJAK MASYARAKAT MENJAGA KESEHATAN LINGKUNGAN

LEWAT PAGELARAN WAYANG KULIT, WABUP PRINGSEWU AJAK MASYARAKAT MENJAGA KESEHATAN LINGKUNGAN

NUSA WUNGU –Wakil Bupati Pringsewu DR.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan lingkungan  guna mencegah penyebaran penyakit DBD, terutama sekali saat musim hujan. Serta menanam pohon serai di sekitar rumah masing-masing, dimana tanaman serai merupakan salah satu tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk, sebagai hewan penyebar penyakit DBD.

Selain itu, masyarakat dihimbau agar selalu menjaga kondisi tubuh tetap fit dan prima, diantaranya dengan mengkonsumsi vitamin, serta membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan dengan memakai sabun.

Hal tersebut sebagai langkah  untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Ajakan dan pesan-pesan kesehatan tersebut disampaikannya saat menghadiri acara pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Pekon Nusawungu, Kecamatan Banyumas, Selasa (17/3/20) malam.

Acara tersebut  dalam rangka memperingati HUT ke-69 Pekon Nusawungu yang sejatinya jatuh pada tanggal 26 Maret, sekaligus HUT ke-11 Kabupaten Pringsewu yang jatuh pada tanggal 3 April.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk ini menampilkan Dalang Ki Teguh Surono dengan lakon ‘Semar Bangun Panti Husodo’. Terkait pagelaran wayang kulit tersebut, Wabup Pringsewu  mengatakan bahwa wayang kulit merupakan salah satu seni budaya bangsa yang harus dilestarikan, karena mengandung filosofi dan keluhuran nilai-nilai kehidupan, dimana dalam sebuah lakon selalu mengandung filsafat dan mengajarkan budi pekerti serta ajakan melakukan kebajikan. "Oleh karena itu, upaya-upaya pelestarian yang lebih intens terhadap seni budaya tradisional ini akan terus digalakkan Pemerintah Kabupaten Pringsewu, sebagai bagian dari program pembangunan kebudayaan nasional", katanya.

Selain itu, kata Wabup didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Pringsewu Moudy Ary Nazolla, S.STP, MH, Kakan Kesbangpol Sukarman, S.Pd., Camat, Uspika serta Kapekon dan tokoh masyarakat setempat, bahwa kesenian wayang kulit juga merupakan salah satu media yang cukup efektif untuk menyebarkan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat. (*/ Anton Hapsara)


Hubungi Kami

Telp / SMS / WA

0821 1268 1717

Facebook Page

Rapemda Pringsewu FM

YouTube Channel

LPPL Radio Pringsewu FM